25 Jan 2013

WLSBUILD - MATE 1.5.5

Submitted by walecha

Harap diperhatikan bahwa MATE 1.5.5 bukanlah versi rilis resmi dari Pengembang MATE karena saya tidak menjumpai artikel rilis resmi dari mereka. Saya menulis nomor versi tersebut sesuai dengan nomor yang tampil di jendela About MATE. Saya juga tidak tahu apakah jalan pengembangan MATE mengikuti GNOME yang menyebut versi bernomor ganjil sebagai versi percobaan dan versi stabil bernomor genap. Setelah versi stabil MATE 1.4 dirilis, apakah versi 1.5 ini dianggap versi percobaan dan versi stabil akan dinomori 1.6? Mungkin pembaca lebih mengetahuinya daripada saya. Mohon bantuannya :-) .

MATE Desktop 1.5.5MATE 1.5.5 - Caja File Sharing & Bluetooth AppletMATE 1.5.5 - File Archiver

Perihal perubahan pada MATE, versi 1.5 ini sepertinya sudah meninggalkan warisan GNOME2 dan cenderung lebih mirip dengan GNOME3 dalam hal penggunaan pustaka. Antarmuka grafis MATE 1.5 sudah tidak lagi memerlukan bantuan pustaka tambahan seperti pada versi 1.4. MATE 1.5 dapat menggunakan GTK+ sebagai penyedia antarmuka grafis secara penuh. Tidak ada lagi pustaka libmatecomponent, libmate, libmatecanvas, libmatecomponentui, dan libmateui. Sistem konfigurasi dan penyimpanan konfigurasi pengguna juga sudah menggunakan glib, tidak lagi memerlukan program tambahan seperti mate-corba, mate-conf, dan mate-conf-editor. Mekanisme akses ke filesystem virtual juga sudah menggunakan glib secara penuh. Tidak perlu lagi bantuan pustaka mate-mime-data dan mate-vfs. Pengurangan pustaka dan program tambahan tersebut menyebabkan MATE menjadi semakin ramping, lebih sederhana dan lebih mudah diintegrasikan ke Slackware.

Sayangnya untuk performa saya masih menjagokan KDE4. Meskipun ukuran KDE4 lebih besar daripada MATE dan menggunakan sumber daya RAM lebih banyak, tetapi kemudahan penggunaan dan jumlah fitur jauh melebihi MATE. Kontrol dan konfigurasi desktop serta perangkat-perangkat komputer lainnya masih lebih baik KDE4. Hal ini bisa jadi akibat proses transisi dari struktur warisan GNOME2 ke desktop MATE yang lebih murni dan lebih matang. Jadi tidak ada salahnya untuk menunggu.

Hari ini saya resmi menerbitkan wlsmate, sebuah tanda nama dari wls (WALESA) + MATE, versi 1.5.5. Skrip SlackBuild untuk membuat paket-paket MATE 1.5.5 bisa diunduh di halaman GitHub saya. Pembaca yang berminat juga bisa mengunduh arsip tarbal dari skrip saya yang menggunakan tag wlsmate-1.5.5. Bagi yang ingin mencoba mengoprek skrip tersebut saya persilakan untuk melakukan forking di GitHub. Saya ikhlas kok :-) .

Selamat mencoba.