ATI Catalyst Gagal Suspend di Kernel 3.2.1

22 Jan 2012

Tux lagi tidurSekitar 3 hari yang lalu saya dibuat terkejut dengan sebuah kegagalan fungsi suspend di notebook saya. Saat itu saya sedang memindahkan notebook yang sedang saya gunakan ke ruang lain dengan sebelumnya saya atur agar fitur suspend di Slackware saya menjadi aktif. Alih-alih komputer ini menjadi sepi dan hening seperti sebelum-sebelumnya saat komputer masuk ke modus suspend, kipas CPU mendadak bersuara keras yang menandakan bahwa suhu di dalam notebook meninggi. Bukan itu saja, setelah saya buka kembali layar notebook, komputer tidak mau hidup dari tidurnya dan layar ternyata tidak menjadi gelap total alias tidak mati. Lampu latar layar masih hidup! Nah lho! Kan tadi masuk ke modus suspend?

Kernel 3.2.1

Beberapa waktu yang lalu, saya memang menginstal kernel 3.2.1 di Slackware saya, tentu saja setelah itu saya membangun ulang modul driver fglrx dari ATI Catalyst agar dapat dimuat oleh kernel saat booting. Jadi saya langsung terpikir pasti ada apa-apanya nih dengan konfigurasi kernel yang memang kala itu saya susun secara manual dari nol alias tidak menggunakan metode pengembangan dari konfigurasi kernel slackware seperti biasanya. Waktu itu saya berpikir pasti ada kekurangan dalam konfigurasi saya untuk menyertakan konfigurasi manajemen daya di kernel.

Saya bongkar kembali konfigurasi kernel 3.2.1 milik saya tersebut, saya perhatikan secara (hampir) cermat dari awal hingga akhir. Tidak ada masalah. Konfigurasi saya masih memuat baris-baris untuk mengaktifkan manajemen daya. Saya sampai berkonsultasi dengan Pak Willy dan Sarwo. Sampai-sampai saya dikirimi konfigurasi kernel pada bagian manajemen daya oleh Pak Willy. Saya  cocokkan dengan konfigurasi saya, tidak ada yang berbeda. Sama.

Kernel Radeon Driver

Akhirnya dari pada perbaikan saya sia-sia, saya kompilasi ulang saja kernel menggunakan konfigurasi yang sudah saya "edit" tersebut. Setelah biner kernel jadi, saya install, kemudian reboot. Setelah proses boot selesai dan saya login, saya dapati bahwa driver fglrx masih harus dibangun ulang. Tetapi kemudian saya berpikir, bagaimana jika saya menggunakan driver radeon bawaan kernel. Apakah proses suspend juga tidak dapat berjalan dengan normal? Tidak ada salahnya dicoba, toh tiap kali kompilasi ulang kernel, driver tersebut selalu ikut dibangun.

# /sbin/modprobe -v radeon

Lalu saya coba masuk ke X menggunakan akun root dan menjalankan sesi fluxbox. Kemudian saya buka terminal (RXVT) dan mencoba men-suspend sistem:

# /usr/sbin/pm-suspend

Normal! Saya tekan keyboard untuk membangunkan komputer. Normal! Oalaaah...Jadi selama ini... surprise

ATI Radeon GraphicsATI Catalyst Driver

Yang jelas sih kutu kupret kalau meniru ucapan salah seorang rekan saya. Setelah hampir dua hari mencoba memahami permasalahan ini, akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa ATI Catalyst hingga versi 11.12 yang dipublikasikan tanggal 13 Desember 2011 masih tidak cocok untuk digunakan di kernel 3.2.x. Sebenarnya bukan salah ATI juga, karena patch yang disediakan memang untuk kernel sampai versi 2.6.39.x. Jadi saran saya, bersabarlah dahulu. laugh

Pengguna linux yang masih ingin menggunakan kernel 3.2.x saya sarankan untuk meng-uninstall ATI Catalyst alias tidak menggunakan ATI Catalyst dan menggunakan driver radeon bawaan kernel 3.2.x jika ingin memanfaatkan fitur suspend, utamanya yang linuxer yang menggunakan notebook. Bagi yang tidak pernah dan tidak mau menggunakan fitur suspend sih, soal ini bukanlah masalah besar. Jadi ya terserah anda-anda saja. smiley

#dohkah