Evolusi Desktop-Desktop Slackware

5 Apr 2012

Slackware LogoJudul tersebut mungkin terkesan terlalu mengada-ada. Seperti yang sudah kita ketahui dan maklumi bersama, apa-apa yang akan ada dan yang akan berubah di dalam Slackware hanya diketahui oleh Patrick Volkerding dan Tuhan saja. Jadi judul tersebut mungkin hanya karangan saya belaka blush. Hanya saja saya karangan saya tersebut bukanlah tanpa dasar. Sudah seharusnya sebuah asumsi dibangun dengan dasar data yang mendekati akurat. Jadi mari kita bahas satu persatu.

KDE SC 4.8.2 Sebagai Pilihan Utama Antarmuka Desktop

Dalam pos terakhir di blog AlienBOB, dia menyebutkan bahwa Patrick Volkerding telah mengambil skrip SlackBuild miliknya untuk membangun paket-paket resmi KDE SC 4.8 Slackware. Jadi tidak ada salahnya untuk berharap bahwa kita akan memiliki paket-paket KDE SC 4.8 di Slackware-current dalam beberapa minggu ke depan. AlienBOB sendiri sudah menggunakan KDE SC 4.8.2, dan sejauh ini tidak ada masalah berarti yang ditemuinya. Mengapa kita boleh berharap akan kemunculan KDE SC 4.8 di Slackware-current? Karena jika kita merunut versi publikasi KDE SC 4.8, maka versi 4.8.2 adalah versi perbaikan yang kedua dari kekurangan-kekurangan yang ditemukan sewaktu pengembangan seri 4.8. Kesimpulannya apa?

Dari sisi praktek di penggunaan nyata, kita dapat mengatakan bahwa seri KDE SC 4.8 sudah teruji dan  terjamin kualitasnya. Hal ini ditunjukkan oleh perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh tim pengembang KDE SC. Silakan lihat catatan perubahan KDE SC 4.8 di alamat berikut:

http://www.kde.org/announcements/changelogs/changelog4_8_1to4_8_2.php

KDE SC 4.8 juga telah menunjukkan performa yang superior di atas desktop-desktop lain, minimal buat saya. Sebagai perbandingan, saya sudah pernah menggunakan GNOME3 baik dengan model antarmuka aslinya, maupun menggunakan antarmuka Cinnamon milik Linux Mint. Dukungan OpenGL yang lebih lengkap pada KDE SC 4.8 jelas sudah menghancurkan harapan GNOME untuk kembali menjadi pilihan desktop pengguna Linux. Sejak KDE SC 4.6, desktop ini mampu berjalan dengan normal dengan performa yang apik menggunakan semua driver kartu grafis baik dari freedesktop (Xorg dan Mesa3D) maupun driver-driver dengan lisensi tertutup seperti milik NVidia dan AMD. Sedangkan GNOME3 masih bermasalah dengan pustaka OpenGL dari driver AMD. Saya sendiri menggunakan driver AMD Catalyst di laptop dan sudah mengujicobakan GNOME3 di dalamnya. Hasilnya sungguh mengecewakan. Menggunakan driver freedesktop untuk mendukung antarmuka GNOME3 juga bukan pilihan yang baik. Suhu CPU dan GPU seringkali melampui batas jika dipaksakan. Untuk penggunaan di mesin-mesin PC desktop, mungkin masih bisa ditolerir, tetapi untuk laptop? Jelas sangat tidak bijak karena listrik dari batere laptop bukan hanya untuk menggambar grafis 3D dan memutar kipas pendingin. Bukan begitu GNOME?!?!?! angry

XFCE 4.10, Lebih Ringan Dan Bersahabat

XFCE, desktop lain Slackware yang berbasis GTK+ juga telah menunjukkan tanda-tanda kemunculannya pada publik. Berita terakhir dari situs resminya, XFCE.org, mengatakan bahwa XFCE 4.10 akan dipublikasikan secara lengkap pada tanggal 28 April 2012. Saya sendiri sudah menggunakan XFCE 4.10pre1 yang saya bangun sendiri beberapa hari yang lalu. Sejauh ini, performanya sangat bagus dan stabil jika melihat versinya yang masih "pre-release". Satu hal yang saya anggap sebagai sebuah kemajuan berarti di XFCE 4.10pre1 adalah manajemen sumber daya desktop yang lebih sederhana dari sebelumnya, tetapi menjadikannya lebih efisien. Efisien dalam penggunaan sumber daya komputer dan kode. Beberapa pustaka atau komponen yang dulunya ada di XFCE 4.8 telah digabung ke komponen-komponen lain yang relevan dengan fungsinya, kode menjadi lebih sederhana bukan? Beberapa program yang dulunya hanya bersifat sebagai tambahan, seperti  xfce4-power-manager, tumbler, garcon, thunar-volman, sekarang sudah dimasukkan ke dalam bundel XFCE 4.10pre1. Hal ini untuk mendukung penerapan XFCE sebagai sebuah lingkungan desktop yang lengkap dan bersahabat dengan penggunanya. Informasi perubahan di XFCE 4.10pre1 dapat dilihat di alamat berikut:

 http://xfce.org/download/changelogs/4.10pre1/

Ingin tahu rupa dari XFCE 4.10pre1? Ini dia wink

XFCE 4.10pre1 Desktop XFCE 4.10pre1 Thunar dan Terminal XFCE 4.10pre1 Menu XFCE 4.10pre1 Manajemen Desktop

Akhir kata, mari kita berdo'a agar pada bulan Mei 2012 kita sudah memiliki Slackware-current dengan desktop-desktop barunya cool