6 Apr 2011

GNOME 3.0 Sudah Datang

Submitted by walecha

gnome-3.0-logo.pngPagi ini secara tidak sengaja saya melihat sebuah perubahan yang cukup mengejutkan di cermin GNOME di Kambing UI. Saya melihat angka "3.0". Otomatis saya langsung tertarik untuk membuka beberapa direktori yang berangka 3.0 tersebut. Dan benar saja, itu adalah direktori kode sumber untuk GNOME 3.0! Setelah saya cek ulang di website GNOME saya mendapatkan informasi bahwa GNOME 3.0 memang benar akan diluncurkan pada tanggal 6 April 2011. Selain itu GNOME juga membuat sebuah website khusus untuk GNOME 3.0, yaitu GNOME 3 - Made of Easy.

Bagi pengguna Slackware yang menggunakan GNOME ini berarti sebuah kabar baik. Meskipun sebenarnya tidak baik-baik sekali, karena tetap saja GNOME itu terlalu PAM, dan ini sedikit menyulitkan pengguna Slackware untuk mengimplementasikan GNOME yang lengkap ke dalam Slackware. Masalah terlalu PAM ini sudah berlangsung sangat lama. Saya sendiri sampai hari ini masih bingung dengan kepentingan dan keindahan dari PAM tersebut. Mungkin teman-teman pembaca bisa menunjukkan kepada saya akan kelebihan-kelebihan PAM. Kalau bisa tolong jelaskan secara seolah-olah saya ini anak SD, ya...ya...ya...blush? Harus disadari bahwa mengeluarkan PAM dari GNOME bukanlah pekerjaan mudah. Sudah banyak debat untuk itu dan selalu saja tidak ada titik temu. Sebenarnya sudah ada ConsoleKit dan PolKit (dulu PolicyKit) yang bisa digunakan untuk mengatur hak akses dan hak guna perangkat keras dan sistem secara keseluruhan. Saya juga melihat ConsoleKit dan PolKit memiliki struktur yang lebih modern, fleksibel dan sangat portabel daripada PAM. Tetapi tentunya siapa saya untuk ngomong seperti itu. Jelasnya pengembang GNOME lebih tahu kebutuhan mereka.

Meskipun persoalan PAM tersebut masih menghadang hingga sekarang, saya tetap berharap agar pengembang GNOME Slackbuild tetap dapat mengeluarkan GSB 3.0 yang sebenarnya. Catatan, hingga saat ini GSB 3.0 masih bersifat tes dan belum menggunakan GNOME 3.0 melainkan masih menggunakan nomor versi pengembangan 2.9x.9x (bukan 2.9.x lho ya). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya dapat mengunduh dan meng-install GSB 3.0 di Slackware saya. 

Selamat menunggu....