4 Apr 2011

GSB 3.0 Untuk Slackware{64}-Current

Submitted by walecha

Tenang saudara-saudara, judul tersebut bukanlah sebuah lelucon bulan April, toh tanggal satu juga sudah lewat. Sebenarnya saya ingin menceritakannya beberapa waktu yang lalu, tetapi karena proses pengembangan GSB64 (GSB untuk arch x86_64) masih belum selesai, jadi saya tunggu saja supaya pengumumannya bisa jadi satu. Kelihatan banget malasnya ya blush.

GSB 3.0 tentunya mengikutsertakan juga GNOME Shell, sebuah perangkat desktop GNOME yang katanya mengubah seluruh cita rasa GNOME masa lalu. Silakan lihat screenshot desktop saya hari ini...

gsb3-201104050715.png

gsb3-201104050716.png

gsb3-201104050717.png

Mirror

Pagi tadi saya menerima email balasan dari Steve Kennedy, salah seorang pengembang GSB yang mengatakan bahwa 99% paket-paket GSB64 sudah dapat diunduh dari server-server mirror GSB. Tadi siang saya juga sudah melakukan sinkronisasi repositori GSB di FTP PAUDNI KEMDIKNAS. Kami mengundang anda-anda pengguna Slackware versi -Current untuk mencoba GSB 3.0 ini. Pengguna di Indonesia dapat mengunduh GSB 3.0 untuk Slackware{64}-Current melalui mirror lokal (HTTP/FTP/RSYNC):

Saya juga melihat sebuah mirror menarik wink:

Ada apa gerangan Drupal dengan GSB? Jelasnya anda butuh Slackware untuk dapat menjalankan GSB cool.

Slapt-Get

Untuk menginstal GSB anda dapat menggunakan fasilitas slapt-get. Silakan unduh dan install slapt-get untuk GSB (pilih salah satu):

Kemudian ubah dahulu mirror untuk slapt-get anda ke mirror lokal (pilih salah satu sesuai tipe slackware{64}-current anda):

## FILE: /etc/slapt-get/slapt-getrc
## GSB untuk slackware-current
SOURCE=http://ftp.paudni.kemdiknas.go.id/gsb/gsb-3.0_slackware-current/
## GSB untuk slackware64-current, terima kasih koreksinya pak Willy
SOURCE=http://ftp.paudni.kemdiknas.go.id/gsb/gsb64-3.0_slackware64-current/

Kemudian jalankan slap-get seperti ini:

1. Update slapt-get:
    # slapt-get --update
2. Update gpg keys:
    # slapt-get --add-keys
3. Remove obsolete or old packages which have been removed from the
   repository.
    # slapt-get --remove-obsolete
4. Upgrade your packages:
    # slapt-get --upgrade
5. Install the GSB desktop via the metapackage:
    # slapt-get --install gsb-desktop

Peringatan

Seperti biasa, GSB akan mengganti beberapa paket milik Slackware karena harus disesuaikan dengan sistem GSB. Paket-paket tersebut adalah:

  • pygobject
  • gst-plugins-good
  • gnome-icon-theme
  • libnotify

Kami tidak menyarankan pengguna Slackware versi stabil (versi stabil terakhir adalah 13.1) untuk menginstal GSB di sistemnya karena dapat menyebabkan kerusakan sistem dan kami tidak dapat bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada sistem anda. Jika ingin mencoba menggunakan GSB 3.0 silakan instal dahulu Slackware{64}-Current pada mesin lain atau anda bisa menggunakan QEMU untuk mendapatkan mesin virtual yang dapat digunakan untuk mencoba GSB 3.0.

Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat website: http://gnomeslackbuild.org/

Selamat mencoba...