9 Feb 2011

Install Slackware dari USB

Submitted by walecha

slackware_logo.pngTulisan ini sebenarnya hanya reaksi yang agak berlebihan terkait beberapa pos di milis Slackware Indonesia perkara melakukan instalasi Slackware tanpa perangkat optik (CD/DVD) tetapi menggunakan USB Flashdisk (USB stick/USB Flashdrive). Beberapa rekan menyarankan untuk menggunakan UNetBootin. Dasar pilihan orang memang bermacam-macam, dan saya juga tidak mengetahui fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh UNetBootin karena saya tidak pernah menggunakannya. Jadi jika ada salah kata dan membuat anda tidak nyaman, silakan kritisi tulisan ini. Terima kasih dan maaf sebelumnya.

Saya sendiri tidak menolak UNetBootin, tidak ada yang salah dengan itu. Hanya saja, saya jadi kepikiran apa tidak ada yang pernah melihat direktori "usb-and-pxe-installers" di daftar repo Slackware? Seingat saya, direktori tersebut juga ada di dalam iso CD atau DVD Slackware. Jadi saya hanya meng-Indonesiakan saja petunjuk yang ada di dalam skrip usbimg2disk.sh.

Sesuai petunjuk dari README_USB.TXT, boot melalui perangkat usb sudah didukung penuh sejak Slackware versi 12.0. Yang artinya untuk melakukan boot Slackware dari perangkat usb sudah tidak memerlukan lagi perangkat pihak ketiga mulai Slackware 12.0 sampai versi terbaru. Kita dapat menggunakan disk image usbboot.img untuk mendapatkan installer Slackware dalam sebuah usb flashdisk. Ada dua cara untuk membuat usb flashdisk boot Slackware menurut README_USB.TXT.

Cara pertama adalah cara manual. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memformat usb flashdisk (/dev/sdX), jadi jangan lupa untuk backup data2 kesayangan anda dari usb flashdisk sebelum melakukan langkah2 berikut ini. Saya gunakan /dev/sdX dimana X sesuai dengan posisi usb flashdisk di sistem anda, misalnya sdb, sdc atau sdd:

Hapus seluruh partisi dengan menghapus informasi MBR usb flashdisk
HATI2 JANGAN SAMPAI KELIRU DENGAN HARDDISK SISTEM ANDA!
# dd if=/dev/zero of=/dev/sdX bs=512 count=1

Buat sebuah partisi FAT32 (hex: 0C),
jadikan partisi tersebut bootable.
# fdisk /dev/sdX <<EOF
n
p
1


t
b
w
EOF

atau bisa menggunakan CFDISK bagi yang tidak biasa dengan FDISK
# cfdisk /dev/sdX

Kemudian format:
# mkdosfs -F 32 /dev/sdX1

Transfer usbboot.img ke usb flashdisk
# dd if=/LOKASI/usbboot.img of=/dev/sdX bs=512

Setelah itu kita dapat meng-install Slackware menggunakan USB Flashdisk tersebut dengan sumber paket dari jaringan atau harddisk lainnya.

Cara kedua adalah dengan menggunakan skrip usbimg2disk.sh yang dapat digunakan untuk membuat sebuah installer Slackware lengkap. Caranya sederhana, pertama unduh semua direktori instalasi Slackware (FTP mirror) menggunakan wget, lftp atau rsync. Kemudian jalankan skrip berikut:

# /bin/sh /LOKASI/slackware-$VERSION/usb-and-pxe-installer/usbimg2disk.sh \
  -f -s /LOKASI/slackware-$VERSION -o /dev/sdX

Setelah selesai kita dapat meng-install Slackware dari usb flashdisk dengan sumber paket2 langsung dari usb flashdisk tersebut. Saya lebih memilih cara kedua, mudah soalnya :p .

Selamat mencoba.