KDE 4.7.4 - NetworkManager Bug Fix

12 Dec 2011

logo-kde-114.pngBeberapa hari yang lalu Eric Hameleers merilis paket-paket KDE versi 4.7.4 yang merupakan versi terakhir untuk KDE keluarga 4.7. Seperti biasa proses upgrade tidak mengalami kendala apapun alias perintah:

# upgradepkg --reinstall --install-new deps/*.t?z
# upgradepkg --reinstall --install-new kde/*.t?z

lancar-lancar saja dalam menyelesaikan tugasnya.

Masalah mulai muncul sehabis reboot dan login ke KDE 4.7.4 tersebut. Ternyata KDE networkmanagement yang menggunakan backend NetworkManager tidak dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Tidak ada daftar perangkat jaringan yang dapat digunakan. Plasmoid networkmanagement tidak dapat mengaktifkan layanan NetworkManager. Sehingga saya tidak dapat terhubung ke jaringan nirkabel di rumah.

Segera saya buka KDE System Settings karena curiga akan sesuatu hal. Dan benar saja, layanan NetworkManager tidak terdaftar sebagai penyedia informasi jaringan di bagian Information Sources. Padahal KDE desktop termasuk plasmoid akan menggunakan sumber informasi yang disediakan oleh KDE Information Sources tersebut. Beberapa orang termasuk saya sudah melaporkan hal tersebut ke Eric Hameleers melalui blognya.

Setelah terjadi diskusi cukup panjang, akhirnya disimpulkan bahwa telah terjadi kesalahan dalam proses pembuatan paket kde-workspace yang tidak terhubung dengan NetworkManager. Sepertinya Eric Hameleers lupa meng-install NetworkManager terlebih dahulu sebelum membuat paket kde-workspace sehingga KDE tidak dapat menggunakan layanan jaringan yang disediakan oleh NetworkManager. Solusinya sederhana saja, cukup membuat ulang paket kde-workspace menggunakan skrip SlackBuild yang disediakan bersama paket-paket KDE 4.7.4 tersebut untuk menghubungkan kde-workspace dengan NetworkManager. Kemudian install ulang kde-workspace menggunakan paket yang dibuat ulang tersebut. Reboot dan login. Selesai.

Buat rekan-rekan yang tidak ingin membuat ulang paket kde-workspace, Eric Hameleers sudah memperbarui paket kde-workspace miliknya dan sudah diunggah ke servernya. Kami juga sudah mensinkronkan daftar paket terbaru tersebut dan siap diunduh kapanpun dari sini:

URL: http://ftp.paudni.kemdiknas.go.id/alien-kde/4.7.4/

Alamat tersebut mendukung metode unduhan menggunakan protokol HTTP, FTP, dan RSYNC.

NetworkManager dan KDE networkmanagement 0.9

Selain solusi dari Eric Hameleers, ternyata dengan meng-install NetworkManager 0.9.x dan KDE networkmanagement 0.9.x juga dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan konfigurasi mendasar dengan versi sebelumnya (0.8.x) yang menyebabkan beberapa jaringan nirkabel yang pernah tercatat di NM seperti menghilang. Tetapi saya lihat NM dan KDE networkmanagement versi 0.9.x memang memiliki fitur-fitur yang lebih baik daripada versi 0.8.x. KDE networkmanagement 0.9.x memiliki UI informasi dan konfigurasi yang lebih lengkap dan menurut saya lebih intuitif daripada GNOME NetworkManager. Silakan nilai dari gambar-gambar berikut:

kde-nm-advance-tab.pngkde-nm-wifi-config.pngkde-nm-polkit-ui.png

Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Buat yang ingin mencoba NM dan KDE networkmanagement versi 0.9.x, dapat menggunakan paket buatan saya yang dapat diunduh dari alamat ini:

URL: http://202.148.9.222/pub

Terima kasih untuk Bapak Michael Daranto yang sudah mengijinkan saya menggunakan mesinnya :-D

Selamat mencoba