Memaksakan Koneksi 3G Telkomsel Flash Dengan NetworkManager

11 Apr 2012

NetworkManagerSekitar dua hari yang lalu saya membeli kartu GSM Telkomsel Simpati dengan tujuan untuk memanfaatkan modem lama milik istri saya yang sudah tidak terpakai selama hampir 3 tahun. Setelah mengaktifkan layanan koneksi Flash Unlimited dari Telkomsel saya tancapkan modem ke port USB laptop dan mencoba menggunakannya. Sebelumnya saya cuma bisa koar-koar untuk membuktikan bahwa NetworkManager bisa dipakai untuk menyambungkan koneksi via modem. Banyak pengguna distro linux yang sebenarnya merupakan "asal muasal" pengembangan program NetworkManager berkeluh kesah akan koneksi modem di sistemnya. Saya sampai terheran-heran. Cuma heran lho, gak ada maksud lain. Kalau tidak percaya saya ya syukurlah. Percaya sama Tuhan saja, jangan percaya sama saya. Nanti bisa musyrik.

Tidak berlama-lama menyinggung distro tetangga, saya mulai dengan proses penyambungan standar dahulu. Proses penyambungan modem atau yang lebih dikenal sebagai dial-up (bahasa Inggrisnya) berjalan dengan lancar menggunakan program NetworkManager bawaan KDE SC 4.8 buatan Eric Hameleers. Saya langsung bisa mengakses internet, tetapi. Hanya saja, koneksi saya maksimum cuma EDGE? Harusnya kan 3G/HSDPA? Ada gerangan? Apakah paket yang saya ambil tidak mengijinkan koneksi 3G? Apalagi saya menggunakan modem lama yang mungkin sudah tidak ada harganya jika dibandingkan dengan modem-modem yang dipunyai teman-teman saya.

Setelah saya cek ke situs Telkom, tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa paket yang saya gunakan tidak bisa menggunakan koneksi 3G. Asumsi saya adalah paket yang saya beli sudah bisa menggunakan koneksi 3G. Ini berarti saya harus mengutak-atik sesuatu di proses penyambungannya. Eits, bukan berarti jamaah distro tetangga bisa tersenyum dahulu karena permasalahan yang saya hadapi. Silakan baca paragraf selanjutnya ya devil

Beruntunglah bahwa program ModemManager milik NetworkManager memiliki fitur untuk memilih tipe jaringan bergerak (mobile broadband) yang kita inginkan. Artinya kita dapat memaksa menggunakan jenis koneksi tertentu saat melakukan penyambungan ke provider (dial). NetworkManager mendukung jenis koneksi dengan urutan sebagai berikut:

  1. ANY : Program memilih koneksi yang paling mungkin tersedia
  2. Prefer 2G : Program akan memilih koneksi 2G jika ada
  3. Prefer 3G : Program akan memilih koneksi 3G jika ada
  4. 2G (GPRS/EDGE) : Program akan menggunakan koneksi 2G saja
  5. 3G (UMTS/HSDPA) : Program akan menggunakan koneksi 3G saja

Demikianlah, saat ini saya bisa berinternet ria dengan koneksi 3G karena saya memilih menggunakan opsi terakhir atau hanya menggunakan koneksi 3G.

NM_Dial_Up_ConfigNM_Dial_Up_Process

Jika koneksi tidak tersedia, program akan memutus koneksi modem dan mengulangi proses penyambungan hingga berhasil.

Selamat mencoba.