14 Dec 2011

Menggunakan Fasilitas Autoformat Di LibreOffice

Submitted by walecha

libreoffice-main.pngSeringkali dalam menulis artikel atau mengolah tabel-tabel data menggunakan perangkat kantoran seperti LibreOffice kita menjumpai perbedaan-perbedaan tampilan artikel atau tabel yang mungkin sedikit menjengkelkan karena kita harus mengubah bentuk (format) tampilannya untuk memperoleh bentuk tampilan artikel/tabel yang konsisten satu dengan yang lainnya. Apalagi jika kita memperoleh data yang akan kita olah tersebut dari banyak sumber yang mungkin menggunakan aplikasi yang berbeda, bahkan dari sistem operasi berbeda. Hal ini sering saya jumpai dalam proses pengerjaan laporan, makalah atau skripsi mahasiswa. Bahkan juga terkadang tampil di presentasi-presentasi orang-orang kantoran.

Sebenarnya saya sendiri juga belajar menata tampilan tulisan-tulisan saya dari seorang kawan saat mahasiswa dulu. Waktu itu saya melihat beliau sedang menata tampilan untuk makalah seorang dosen menggunakan MS Office. Saya tertarik dengan metode beliau yang yang sangat cepat dalam menata tampilan dengan memanfaatkan fasilitas autoformat dari MS Office. Tidak banyak kawan yang paham, bahkan hingga saat ini, bahwa fasilitas tersebut akan sangat membantu untuk mengolah tulisan yang sangat banyak misalnya beberapa ratus halaman sekaligus. Kebanyakan dari kawan saya masih melakukan penataan secara manual. Akhirnya yang terjadi adalah pemborosan waktu untuk menata ulang tampilan artikelnya daripada melengkapi isi artikelnya.

Autoformat LibreOffice

LibreOffice (dulu saya menggunakan OpenOffice) sendiri juga menyediakan fasilitas autoformat yang dapat kita ubah-ubah parameternya untuk mendapatkan tampilan artikel yang sesuai dengan keinginan kita. Tatanan yang sudah kita tetapkan tersebut dapat pula kita simpan dan kita terapkan kembali pada artikel yang berbeda. Di sini saya akan memberikan contoh penerapan autoformat pada program Writer dan Calc.

Writer

Sebagai contoh saya meng-copy tulisan ini ke dalam writer dan menghilangkan semua format tampilannya sehingga tampak seperti pada gambar. Kemudian saya menata tampilan artikel tersebut hanya dengan menggunakan fasilitas "Styles and Formatting" (shortcut F11) yang ditampilkan sebagai sebuah jendela tambahan di dalam jendela penulisan. Saya tinggal memilih obyek yang akan saya tata lalu klik dua kali pada jenis tatanan yang saya inginkan. Selesai.

Sebelum penataan isi artikelSetelah penataan isi artikel

Calc

Demikian pula dengan program pengolah spreadsheet, Calc. Untuk mengubah tampilan tabel-tabel dengan cepat dan hasilnya konsisten saya cukup menetapkan satu buah format tabel, menyimpannya dan kemudian menerapkannya kembali pada tabel-tabel yang lain. Selesai.

Membuat dasar format tabel Menyimpan format tabel dasar

Menerapkan format tabel dasar ke tabel lainFormat tabel kedua sama dengan tabel pertama

Saya kira kawan-kawan sudah dapat melihat sedikit gambaran tentang autoformat di LibreOffice. Tentu saja tutorial yang sedikit ini belum dapat membantu kawan-kawan dalam menyelesaikan tulisan-tulisan yang anda buat. Tetapi minimal kita dapat lebih berkonsentrasi pada isi tulisan ketimbang sibuk menata tampilan tulisan bukan?

Selamat mencoba