Revisi Konfigurasi Kernel Linux 3.0.4

18 Sep 2011

Beberapa hari belakangan ini saya mengisi waktu dengan mencoba mengulik kembali konfigurasi kernel Linux 3.0.4. Saya merasa masih ada yang kurang dengan konfigurasi sebelumnya. Yang pertama adalah soal RTC (Real Time Clock). Jika menilik log kernel sebelumnya terdapat baris seperti ini:

Marking TSC unstable due to TSC halts in idle
Switching to clocksource hpet

Artinya adalah kernel menolak menggunakan fasilitas timer rtc untuk melayani permintaan2 timing, termasuk kalibrasi clock cpu dan bus perangkat pci/pcie, perhitungan waktu idle, dan sebagainya dikarenakan rtc akan mengalami halt (penghentian) jika mesin berada dalam kondisi idle. Meskipun jika rtc0 telah aktif, cpu akan dikalibrasi ulang menggunakan rtc akan tetapi kenyataannya TSC (Time Source Clock) dikembalikan lagi ke HPET (High Precision Event Timer).

Sebagai basis konfigurasi saya menggunakan konfigurasi generic smp 2.6.38.7 milik Slackware-current. Pada konfigurasi kernel 2.6.38.7-smp di slackware-current, Patrick Volkerding meningkatkan tipe cpu default ke Pentium III dan mengubah CPU model preemptive ke Voluntary Preemptive (Desktop) dari sebelumnya yang lebih cocok untuk kinerja server.

Beberapa hal lainnya ada yang saya kurangi dan saya tambahi sesuai dengan kebutuhan komputer2 yang saya gunakan. Misalnya beberapa driver SATA saya jadikan modul saja karena tidak digunakan di komputer2 saya, driver nfs-client saya jadikan modul saja karena tidak menggunakan lingkungan diskless.

Konfigurasi saya dapat diunduh di bagian attachment.

Selamat mencoba

AttachmentSize
config-generic-3.0.4-wls.xz27.49 KB