29 Mar 2011

Slackpkg Adopsi Regex

Submitted by walecha

slackware_logo.pngTanggal 27 Maret 2011 kemarin, secara resmi untuk pertama kalinya slackpkg mengalami perubahan mendasar yang sangat ditunggu-tunggu oleh pemaket-pemaket Slackware seperti saya. Slackpkg versi 2.82.0 sekarang telah mendukung regular expression (REGEX). Perubahan fitur ini sangat memudahkan pemaket seperti saya yang kadang-kadang dengan sangat bernafsunya menginstal berbagai macam program/pustaka dengan menggunakan prinsip Script Builder SlackBuild untuk mendapatkan paket yang dapat diinstal menggunakan fasilitas pkgtool. Saya mengetahuinya tadi pagi saat meng-upgrade Slackware64 Current (13.37).

Fitur regex tersebut diterapkan pada file /etc/slackpkg/blacklist, sila baca pos saya sebelumnya akan kepentingan file ini. Contoh regex yang diterapkan adalah seperti ini:

# Now we can blacklist using regular expressions.
# This one will blacklist all SBo packages:
[0-9]+_SBo

Artinya semua paket dengan build number dan tag _SBo, misalnya nama_program-versi-arch-1_SBo akan dilewati slackpkg saat mendaftar paket-paket yang terinstal di dalam sistem.

Dengan menggunakan regex, saya tidak perlu lagi mendaftar nama tiap paket yang saya buat ke dalam file /etc/slackpkg/blacklist. Belum lagi misalnya saya menambahi atau mengurangi jumlah paket pribadi yang saya instal. Akan sangat melelahkan jika harus mencari dan mengubah daftar blacklist yang sangat panjang. Apalagi jika misalnya sebelumnya sebuah program A yang dulunya harus diinstal sendiri karena tidak tersedia di Slackware, kemudian dimasukkan ke dalam Slackware dan saya lupa menghapus nama paket tersebut dari daftar blacklist. Jadilah paket program A yang resmi dari Slackware tidak dapat diinstal menggunakan slackpkg karena masih masuk ke blacklist.

Jadi jangan lupa untuk mengecek isi blacklist anda setelah melakukan upgrade paket slackpkg versi 2.82.0 pertanggal 27 Maret 2011.